TA DIGITAL
Petualangan Gatotkaca: Aplikasi Permainan Sebagai Media Pengenalan Kisah Pewayangan Kepada Anak = Adventures of Gatotkaca: A Game Application as a Medium for Introducing Wayang Stories to Children
Cerita wayang adalah sebuah warisan budaya Indonesia, khususnya Jawa, yang kaya akan nilai dan
hikmah. Namun, tradisi pewayangan menghadapi tantangan dalam menjaga keberlanjutan dan
kepopulerannya, terutama di kalangan generasi muda yang kurang terpapar dan familiar dengan
cerita-cerita pewayangan. Untuk menjaga agar kekayaan budaya ini tetap relevan pada era industri
4.0, penelitian ini merancang dan membangun sebuah game edukasi “Petualangan Gatotkaca”.
Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat game edukasi yang memperkenalkan cerita wayang kisah
Gatotkaca serta menciptakan game yang user friendly sehingga mudah dioperasikan oleh pengguna.
Metode yang digunakan dalam pengembangan game ini adalah metode MDLC (Multimedia
Development Life Cycle), yang mana penelitian dimulai dari konsep, desain, pengumpulan aset,
penggabungan, pengujian dan terakhir distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengembangan game Petualangan Gatotkaca mendapatkan tingkat kepuasan sebesar 92%. Hal ini
menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa puas dengan pengalaman bermain game ini, baik
dari segi kemudahan penggunaan, tampilan visual, hingga nilai hiburan yang diberikan.
No other version available