TA DIGITAL
Aplikasi Edukasi Berbasis Mixed Reality untuk Pengenalan Bagian Tumbuhan sebagai Pendukung Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik = Mixed Reality-Based Educational Application for Plant Anatomy Introduction to Support Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles
Aulia Alfiana dan Raihana Khalika Putri. “Aplikasi Edukasi Berbasis Mixed Reality untuk Pengenalan Bagian Tumbuhan sebagai Pendukung Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik”, Tugas Akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Slamet Handoko, S.Kom., M.Kom. dan Sukamto, S.Kom., M.T., Juli 2024.
Dengan berkembangnya teknologi, sektor pendidikan menghadapi tantangan dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan efektif. Siswa kelas IV Sekolah Dasar seringkali kesulitan memahami konsep bagian-bagian tumbuhan melalui metode tradisional. Pembelajaran yang hanya mengandalkan buku dan penjelasan lisan seringkali kurang menarik bagi siswa dan tidak mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar. Oleh karena itu, diperlukan inovasi teknologi untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik dan efektif untuk mendukung ketiga gaya belajar, yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Mixed Reality bernama “PLANTIX” untuk membantu siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam memahami bagian-bagian tumbuhan. Aplikasi ini menggunakan metode hand tracking dan hand gesture recognition yang memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi model 3D berupa bagian-bagian tumbuhan melalui gerakan tangan. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahap pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi PLANTIX dibangun menggunakan software Unity dengan bahasa pemrograman C# dan plugin Manomotion SDK, serta software Blender untuk membuat model 3D. Aplikasi ini memiliki 4 fitur utama, yaitu menu MR, menu materi pembelajaran, menu quiz, dan menu konsultasi. Hasil pengujian aplikasi PLANTIX didapatkan nilai 85.50% yang menunjukkan bahwa siswa kelas IV Sekolah Dasar merasa sangat puas terhadap aplikasi PLANTIX. Siswa merasa lebih tertarik dan terbantu dalam memahami konsep bagian-bagian tumbuhan.
Kata kunci: Mixed Reality, Hand Tracking, Hand Gesture Recognition, Multimedia Development Life Cycle, Edukasi, Bagian Tumbuhan
No other version available