TA DIGITAL
Pengembangan Augmented Reality Untuk Pengenalan Objek Museum Kota Lama Semarang Berbasis Android Sebagai Penunjang Sektor Pariwisata = Development of Augmented Reality for Introduction of Semarang Old City Museum Objects Based on Android as a Support for the Tourism Sector
Fatkhiya Firdausy Nuzulia Suryonegoro dan Nandya Nurmala, “Pengembangan Augmented Reality Untuk Pengenalan Objek Museum Kota Lama Semarang Berbasis Android Sebagai Penunjang Sektor Pariwisata“, Tugas Akhir DIII Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Sukamto, S.Kom., M.T. dan Mardiyono, S.Kom., M.Sc., 16 Juli 2024, 109 halaman.
Dalam era digital saat ini, teknologi Augmented Reality (AR) telah menjadi inovasi signifikan yang dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, hiburan, dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality berbasis Android yang diperuntukkan bagi pengenalan objek di Museum Kota Lama Semarang. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengunjung melalui visualisasi interaktif dan informatif mengenai objek-objek museum. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahapan pembuatan konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan program, pengujian, dan pendistribusian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil memberikan informasi yang lebih menarik dan mendalam kepada pengguna, serta meningkatkan minat mereka terhadap sejarah dan budaya lokal. Berdasarkan tabel kuesioner, persentase kepuasan pengguna yang diukur melalui kuesioner pada berbagai aspek menunjukkan hasil yang sangat positif, dengan memperoleh hasil tingkat kepuasan mencapai 94.29%. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat mendukung sektor pariwisata dan edukasi di Kota Lama Semarang.
Kata Kunci : Augmented Reality, Android,Museum Kota Lama Semarang, Multimedia Development Life Cycle (MDLC).
No other version available