TA DIGITAL
Mixed Reality Dan Game Edukatif Untuk Pembelajaran Sistem Tata Surya Dengan Interaksi Occlusion Detection = Mixed Reality And Educative Games For Learning The Solar System With Occlusion Detection Interaction
Kendala dalam pembelajaran sering menyebabkan rendahnya prestasi siswa, dipengaruhi oleh faktor psikologis seperti minat dan motivasi yang. Teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR) menawarkan peluang baru untuk meningkatkan pengalaman belajar, terutama dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Sistem Tata Surya. Penelitian ini membahas penggunaan Mixed Reality untuk pembelajaran tata surya melalui aplikasi edukasi berbasis Android. Aplikasi ini menggunakan teknologi Occlusion Detection dan dilengkapi dengan Game edukatif untuk meningkatkan pemahaman siswa secara interaktif. Penerapan AR dan MR terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang tata surya. Penelitian ini mengadopsi metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi konseptualisasi, desain aplikasi, pengumpulan materi, pembuatan aplikasi, pengujian, dan distribusi. Aplikasi MIRED SS dibangun menggunakan Unity 3D, bahasa pemrograman C#, dan engine Mixed Reality Vuforia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi ini meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa. Aplikasi ini berhasil menyediakan media pembelajaran yang menarik dan edukatif. Penilaian kuesioner menunjukkan hasil 85,12%, menandakan aplikasi ini efektif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dapat meningkatkan minat belajar dalam memahami sistem tata surya.
Kata Kunci : Mixed Reality, Occlusion Detection, Edukasi, Sistem Tata Surya, Edukasi, Game
No other version available