TA DIGITAL
SIMARKU: Sistem Informasi Penggemar Buku Untuk Mendukung Literasi Generasi Z = SIMARKU: Book Fan Information System to Support Generation Z Literacy
Literasi adalah hal yang berkaitan dengan kemampuan intelektual bertujuan untuk mengolah informasi. Namun, kebiasaan literasi, seperti budaya membaca di kalangan generasi Z yang lahir di era digital, masih memprihatinkan. Kemajuan teknologi yang pesat tidak berarti apa-apa jika generasi Z tidak dapat memanfaatkannya dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengajak generasi Z mendukung gerakan literasi digital melalui aplikasi SIMARKU (Sistem Informasi Penggemar Buku). Aplikasi ini memfasilitasi pengguna melakukan aktivitas tukar pinjam, tukar milik, donasi, informasi program literasi, dan pesan. Aplikasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman Dart dan framework Flutter, serta Firebase sebagai basis data. Metode yang digunakan adalah Agile, yang terdiri dari perencanaan, desain, pengembangan, pengujian, implementasi, ulasan, dan peluncuran. Berdasarkan hasil kuesioner pengujian aplikasi dari 20 responden, diperoleh hasil sebesar 91,3%, yang berarti masuk dalam kategori "Sangat Puas."
No other version available