TA DIGITAL
The Pages Of Change : Game Edukasi Interaktif Anti Bullying Berbasis Komputer = The Pages Of Change : Anti-Bullying Interactive Educational Game With Computer Based
Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin menginstruksi berbagai aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Digitalisasi dalam pendidikan memperluas aksesibilitas, meningkatkan efektivitas, dan efisiensi pembelajaran. Salah satu metode inovatif adalah Digital Game Based Learning yang memanfaatkan video game untuk tujuan pembelajaran dan merangsang proses kognitif kompleks siswa dengan cara yang menarik. Masalah bullying yang semakin marak terjadi di Indonesia terutama di kalangan anak sekolah dasar menjadi perhatian yang serius. Berdasarkan data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), kasus bullying mengalami fluktuasi jumlah korban dari tahun ke tahun. Anak-anak pada usia sekolah dasar berada dalam tahap perkembangan yang kompetitif dan rentan terhadap tindakan bullying baik secara verbal maupun fisik. Dalam upaya mendukung kampanye anti bullying, maka dikembangkan media pembelajaran interaktif berupa gim edukasi anti bullying berbasis komputer berjudul “The Pages Of Change”. Gim ini ditargetkan untuk pemain berusia 9 hingga 22 tahun dengan tujuan memberikan edukasi mengenai definisi bullying, tindakan yang bisa dilakukan apabila terjadi bullying di sekitar, serta mengenali berbagai bentuk bullying. Gim ini dibuat dengan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari beberapa tahap untuk memastikan pengembangan gim dari awal hingga akhir sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai secara interaktif dan efektif. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, seluruh fitur dan fungsionalitas gim “The Pages Of Change” telah berjalan dengan baik. Hasil pengisian kuesioner dari 20 responden menunjukkan presentase kepuasan sebesar 83,2% yang mengartikan sangat puas terhadap isi permainan dalam gim.
Kata Kunci : Game, Edukasi, Bullying, Digitalisasi.
No other version available