TA DIGITAL
Analisis Persepsi Nasabah Terhadap Lokasi, Promosi, dan Pesaing PT BPRS PNM Binama Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap lokasi, promosi, dan pesaing BPRS PNM BINAMA Semarang berdasarkan faktor lokasi, promosi, dan pesaing. Dengan mempertimbangkan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh irbid dan zarka (2004) memberikan kesimpulan bahwa masyarakat memilih perbankan syariah karena motif keuntungan dan penelitian yang dilakukan lestari (2006) mendapatkan hasil bahwa masyarakat memilih perbankan syariah dipengaruhi variabel popularitas sedangkan variabel kemudahan mengakses dan tentang bunga bank tidak begitu berpengaruh, penulis tertarik meneliti kembali tentang persepsi nasabah.
Cara yang digunakan penulis untuk mengetahui persepsi nasabah adalah menggunakan kuesioner, kuesioner tersebut disebarkan kepada 50 responden, 50 responden ini penulis angkat sebagai sampelnya. Sampel yang digunakan adalah non random sampling dengan accidental sampling dan kuesioner tersebut terdiri dari beberapa pertanyaan yang telah diklasifikasikan kedalam 3 faktor yaitu faktor lokasi, faktor promosi, dan faktor pesaing. Dari kuesioner yang telah disebarkan kepada 50 nasabah, penulis dapat mengetahui tanggapan dari responden. langkah selanjutnya yang dilakukan penulis adalah melakukan analisis data dengan uji cohran untuk mengetahui persepsi nasabah terhadap lokasi, promosi, dan pesaing BPRS PNM BINAMA Semarang.
Dari analisis data yang dilakukan, penulis mendapatkan bahwa Dari tahapan pengujian yang dilakukan atas lima belas indikator, didapatkan hasil bahwa persepsi nasabah terhadap lokasi, promosi, dan pesaing PT BPRS PNM BINAMA Semarang dibentuk oleh dua belas indikator yaitu : BPRS PNM BINAMA cukup Strategis (X1), BPRS PNM BINAMA mudah dijangkau sarana transportasi (X2), BPRS PNM BINAMA Lingkungan dalam dan luar gedung terkesan menyenangkan (X4), BPRS PNM BINAMA Dekat dengan tempat aktivitas (rumah, kantor, sekolah, dll) (X5), Penampilan fisik gedung cukup bagus (X8), Menawarkan pelayanan yang memuaskan (X9), Produk yang ditawarkan menarik (X10), Lebih dibutuhkan daripada Bank Lain di sekitarnya (X11), Produk yang ditawarkan mampu bersaing dengan produk lain (X12), Margin (bagi hasil) pembiayaan BPRS PNM BINAMA bersaing (X13), Setoran awal minimal pembukaan tabungan terjangkau (X14), Biaya Administrasi layanan jasa BPRS PNM BINAMA rendah(X15) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi nasabah terhadap lokasi, promosi, dan pesaing PT BPRS PNM BINAMA Semarang relatif baik
No other version available