TA DIGITAL
Analisis Sikap Nasabah Pada Produk Tabungan Britama Junio PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Cabang Semarang Pattimura
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dimensi- dimensi sikap nasabah yang dapat menumbuhkan sikap positif nasabah pada Produk Tabungan BritAma Junio PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pattimura, mengukur kemampuan dimensi-dimensi sikap nasabah untuk menumbuhkan sikap positif nasabah pada Produk Tabungan BritAma Junio PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pattimura melalui model Fishbein, dan menentukan kebijakan penumbuhan sikap positif nasabah pada Produk Tabungan BritAma Junio PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pattimura. Penelitian ini menggunakan 8 dimensi untuk mengukur sikap nasabah, yaitu berwujud (tangible), biaya administrasi, suku bunga, fasilitas produk, fitur produk, keamanan, manfaat disiplin menabung, dan manfaat rencana masa depan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampling yaitu teknik purposive sampling/judgemental sampling dengan sampel sebanyak 30 responden dari nasabah Produk Tabungan BritAma Junio PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pattimura yang berusia 17 tahun ke atas.
Dari hasil uji validitas dinyatakan bahwa semua indikator valid dan untuk uji reliabilitas dinyatakan pula bahwa semua indikator reliabel. Hasil uji fishbein adalah diketahui bahwa semua dimensi yang digunakan untuk mengukur sikap nasabah pada Produk Tabungan BritAma Junio mendapatkan sikap positif untuk dimensi berwujud (tangible), suku bunga, dan manfaat rencana masa depan, sedangkan dimensi biaya administrasi, fasilitas produk, fitur produk, keamanan, dan manfaat disiplin menabung mandapatkan sikap sangat positif dari nasabah.
Hal ini dapat menjadi masukan bagi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Semarang Pattimura untuk tetap mempertahankan dimensi biaya administrasi, fasilitas produk, fitur produk, keamanan, dan manfaat disiplin menabung serta lebih meningkatkan dimensi berwujud (tangible), suku bunga, dan manfaat rencana masa depan.
No other version available