TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan Dan Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Pendanaan (Studi Komparasi Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang Dan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan dari pengaruh secara simultan maupun parsial strategi diferensiasi yang terdiri dari diferensiasi produk, diferensiasi kualitas layanan dan diferensiasi citra terhadap keunggulan bersaing produk pendanaan di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang dan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini adalah deposan dari PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang dan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang, sedangkan jumlah sampel yang diambil adalah 120 untuk kedua bank tersebut. Metode sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel diferensiasi produk (X1), diferensiasi kualitas layanan (X2), dan diferensiasi citra (X3) secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap keunggulan bersaing PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang maupun PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang. Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang variabel diferensiasi produk berpengaruh kuat terhadap keunggulan bersaing produk pendanaan. Sedangkan pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang variabel diferensiasi kualitas layanan berpengaruh kuat terhadap keunggulan bersaing produk pendanaan. Hasil analisis uji beda Independent Samples T-Test menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata variabel hanya terdapat pada variabel diferensiasi produk dan diferensiasi kualitas layanan.
No other version available