TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Tabungan Muamalat Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang
Kualitas layanan merupakan perpaduan antara sifat dan karakteristik yang menentukan sejauh mana keluaran dapat memenuhi persyaratan kebutuhan pelanggan. Pelanggan yang menentukan dan menilai sampai seberapa jauh sifat dan karakteristik itu memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh dimensi kualitas layanan bank syariah yang diwujudkan dalam dimensi CARTER (compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness) terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Sampel penelitian ini adalah nasabah Tabungan Muamalat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang yang berjumlah 145 responden. Dalam penelitian ini kembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan tujuh hipotesis yang diuji menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang dioperasikan dengan
software AMOS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan probabilitas masing-masing sebesar 0,010; 0,021; 0,009; 0,004; 0,019; dan 0,039. Sedangkan variabel kepuasan nasabah juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan probabilitas sebesar 0,000.
No other version available