TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Nilai Nasabah Terhadap Kepuasaan Nasabah Produk Pembiayaan Usaha Mikro Pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran
Nilai bagi pelanggan merupakan perbedaan antara nilai yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja (atau hasil) suatu produk yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh dimensi nilai nasabah (nilai fungsi, nilai sosial, dan nilai spiritual) terhadap kepuasan nasabah. Sampel penelitian ini adalah nasabah Pembiayaan Usaha Mikro pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran yang berjumlah 72 responden. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan 4 hipotesis yang diuji menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda yang dioperasikan dengan software SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi variabel nilai fungsi, nilai sosial dan nilai spiritual secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan secara parsial variabel nilai sosial dan nilai spiritual berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Tapi variabel nilai fungsi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.
No other version available