TA DIGITAL
Perhitungan Break Event Point Sebagai dasar Perencanaan Laba Produk Kopi Tahun 2012 Pada PT Perkebunan
Tujuan penelitian ini adalah menghitung break event point sebagai dasar perencanaan laba dan menentukan batas aman penjualan produk kopi tahun 2012 pada PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang agar tidak mengalami kerugian. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan studi pustaka.
Dari hasil perhitungan break event point tahun 2011 adalah sebesar Rp. 37.829.220.286. Ini menunjukkan bahwa pada tahuun 2011 PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang mengalami kerugian dalam penjulan produk kopi, karena data penjualan produk kopi pada tahun 2011 adalah sebesar Rp. 11.156.946.913 atau berada dibawah angka break event point. Agar kondisi tersebut tidak terjadi lagi pada tahun 2012, maka perencanaan penjualan minimal produk kopi pada tahun 2012 sebesar Rp. 20.082.504.433 atau 80% dari total penjualan tahun 2011. Dengan penjualan sebesar Rp. 20.082.504.433 diperkirakan pada tahun 2012 perusahaan akan memperoleh laba sebesar Rp. 1.979.412.220.
No other version available