TA DIGITAL
Pengaruh Kegunaan, Kemudahan dan Sikap Penggunaan Terhadap Penerimaan Software Procure To Pay Pada PT Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng Dan DIY
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan terhadap “Procure To Pay” (P2P) menggunakan Technology Acceptance Model (TAM), yang dilakukan di PT Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng dan DIY. Variabel yang diteliti adalah Perceived Usefulness (PU) and Perceived Ease of Use (PEOU) sebagai variabel independen, Attitude Toward Using (ATT) sebagai variabel intervening sedangkan Acceptance of IT (ACC) sebagai variabel tergantung. Metode pengumpulan data melalui kuesioner di kantor PT Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng dan DIY dan responden terdiri dari 57 orang karyawan pengguna “Procure To Pay” (P2P). Pengambilan sampel dengan teknik Stratified Random Sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda menggunakan program SPSS 16.0. Hasil penelitian ini adalah faktor kemudahaan, kebermanfaatan dan sikap pengguna berpengaruh positif dalam penerimaan “Procure To Pay” (P2P) dimana koefisien determinasi menjelaskan variabel-variabel yang diteliti mempengaruhi variabel Acceptance of IT (ACC) sebesar 57.1% dan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini. Hasil ini berarti bahwa seseorang yang sikapnya senang, nyaman, dan memiliki keinginan untuk menggunakan P2P di masa depan akan cenderung menerima P2P. Begitu juga dengan gagasan bahwa P2P memiliki yang mudah digunakan dan manfaat yang akan membuat kecenderungan pengguna untuk menerima P2P.
No other version available