TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah KJKS BMT Fastabiq Pati
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan berdasarkan model CARTER (compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty, dan responsiveness) baik secara parsial maupun simultan mempengaruhi kepuasan nasabah KJKS BMT Fastabiq Pati.
Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda, untuk menguji pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk menguji secara parsial digunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05. Jumlah sampel yang digunakan untuk analisis ini sebanyak 50 nasabah yang diambil pada saat melakukan transaksi di KJKS BMT Fastabiq Pati.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari compliance, assurance, reliability, tangible, emphaty dan responsiveness secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan secara parsial hanya variabel tangibles yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dari keenam variabel tersebut, variabel compliance mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan nasabah.
No other version available