TA DIGITAL
Analisis Pengaruh kualitas pelayanan bagian front office PT. BPR Argo Dana Ungaran
Penelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bagian Front Office Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Pada PT. BPR Argo Dana Ungaran.” bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dan mengetahui faktor paling berpengaruh dari dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah berdasarkan Tangible (bentuk fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati) pada PT. BPR Argo Dana Ungaran.
Desain penelitian ini adalah penelitian terapan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan studi kasus. Kemudian metode pengolahan datanya adalah editing, coding, dan entry data. Sedangkan metode analisis datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan pengukuran pengaruh kepuasan. Sampel yang diambil adalah 41 nasabah tabungan PT. BPR Argo Dana Ungaran dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.
Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa variabel-variabel kualitas layanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. BPR Argo Dana Ungaran. Besarnya koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 70,1% dan sisanya 29,9% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kelima dimensi kualitas layanan diatas yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah adalah dimensi bentuk fisik (tangible), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Pada bagian Coefficient Correlations Partial dapat diketahui dimensi kualitas layanan yang mempunyai pengaruh yang paling dominan adalah dimensi jaminan (assurance) sebesar 0,744.
No other version available