TA DIGITAL
Alat peraga mekanisme pengereman disc brake pada mobil dengan penggerak sistem hidrolik
Untuk menghentikan kendaraan yang suatu saat akan di berhentikan maka di perlukan sistem pengereman. Membuat alat peraga mekanisme pengereman disc brake pada mobil dengan penggerak sistem hidrolik sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di laboratorium perawatan teknik mesin, Politeknik Negeri semarang. Proses perencanaan pembuatan alat diawali dengan pertimbangan alternative desain yang memuat beberapa pilihan rancangan untuk dipertimbangkan, sehingga pada tahap penilaian dapat dipilih salah satu rancangan terbaik yang kemudian dikembangkan kearah pembuatan alat. Penerapakan jenis-jenis perawatan yang meliputi perawatan predektif, preventif, korektif, dan brakedown maintenence yang berguna memperpanjang umur pakai alat peraga ini. Alat peraga ini dapat digunakan untuk menganalisis kenaikan temperature pada disc brake, daya yang hilang saat pengereman, torsi pengereman serta gaya pengereman yang dihasilkan oleh sistem hidrolik. Pengambilan data menggunakan engine toyota kijang 4K dengan spesifikasi Torsi 105 N·m (78 ft·lbf), out max 74 hp (55 kW), putaran max 3600 Rpm.Menghasilkan pungujian dengan gaya pengereman 1594 N, Torsi pengereman 130.73 Nm, Daya yang hilang saat pengereman terbesar 49.25 kW, dan perubahan temperature (∆ ) pada tiap–tiap transmisi yaitu transmisi 1 ∆ 3oC, transmisi 2 ∆ 5oC, transmisi 3 ∆ 8oC, dan transmisi 4 ∆ 11oC. Dari hasil pengambilan data dapat diketahui bahwa dengan putaran maksimum pada setiap transmisi menghasilkan kenaikan temperatur yang berbeda.
No other version available