TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Marketing MIX Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Menabung pada PT Bank Jateng Cabang Pembantu POLINES
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik terhadap pengambilan keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Jateng Cabang Pembantu Polines. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan sampai bulan Juni 2013 dan sampel adalah nasabah tabungan BIMA yang sudah menabung selama 1 tahun. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Uji reliabilitas, uji validitas dan uji normalitas menunjukkan bahwa data valid, reliabel dan normal. Sedangkan uji asumsi klasik menunjukkan bahwa data telah memenuhi asumsi klasik dan uji analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa bisa digunakan untuk mendeteksi keputusan nasabah menabung. Hipotesis dibuktikan dengan menggunakan uji F dan uji t yang menghasilkan kesimpulan bahwa:
Variabel-variabel marketing mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses, dan bukti fisik secara simultan bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Jateng Cabang Pembantu Polines.
Secara parsial, hanya variabel tempat, orang, dan bukti fisik yang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengambilan keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Jateng Cabang Pembantu Polines.
No other version available