TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio(CAR), Biaya Operasional (Bopo), Non Performing Loan (NPL), Loan To Deposit Ratio (LDR), dan Giro Wajib Minimum (GWM) Terhadap Kinerja Keuangan pada Bank Umum Swasta Nasional Go Public Peride 2007-2012
Penelitian ini dilakukan untuk menguji serta mendapatkan bukti empiris pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional/Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR), dan Giro Wajib Minimum (GWM) terhadap Kinerja Bank Umum Swasta Nasional go public yang diukur dengan Return On Asset (ROA) pada Periode 2007-2012.
Data diperoleh dari laporan keuangan pada setiap akhir triwulan pada tahun 2007- 2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis regresi linier berganda dan teknik analisis untuk uji hipotesis menggunakan F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan serta t-statistik untuk menguji pengaruh secara parsial dengan tingkat signifikansi 5 %. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.
Selama periode pengamatan menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel NPL dan GWM berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bank. Variabel CAR, dan LDR berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bank.Variabel BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja bank. Kemampuan prediksi dari kelima variabel tersebut terhadap kinerja bank yang diukur dengan ROA dalam penelitian ini sebesar 74,5% sedangkan sisanya 25,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
No other version available