TA DIGITAL
Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Produk Tabungan Simpedes pada PT BRI (Persero) Tbk Unit Tembalang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan nasabah produk tabungan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Tembalang. berdasarkan lima unsur pokok kepuasan dan kualitas layanan yaitu Bukti fisik (Tangible), Kehandalan (Reliability), Daya tanggap (Responsiveness), Empati (Emphaty), dan Jaminan (Assurance).
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Tembalang dan diambil 30 responden. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dengan bantuan SPSS 16.0, serta pemetaan kualitas layanan dengan diagram kartesius.
Hasil pengujian validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner adalah valid dan reliabel. Berdasarkan pemetaan dengan menggunakan diagram kartesius menunjukkan hasil bahwa yang dianggap penting oleh nasabah adalah variabel empati dan jaminan petugas. Sehingga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Tembalang harus meningkatkan kinerjanya pada unsur kualitas layanan Empati (Emphaty) dan jaminan (Assurance).
No other version available