TA DIGITAL
Analisis pengaruh place dan produk terhadap kepuasan nasabah (Studi kasus nasabah tabungan BSM pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngaliyan Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Place (X1), Produk (X2), terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM Syariah iB (Y) pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngaliyan Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, yaitu penelitian menghubungkan dua variabel bebas atau lebih untuk melihat pengaruhnya terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Tabungan BSMSyariah iB pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngaliyan Semarang. Metode Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung, kuesioner, studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling, dimana pengambilan sampel yang dilakukan sesuai dengan tujuan penelitian yang telah ditetapkan. Sampel ini ditentukan berdasarkan jumlah dari nasabah tabungan BSMSyariah iB yang dapat mewakili pengisian kuesioner. Data diproses menggunakan SPSS 16.0 for windows. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif yang digunakan untuk mengukur pengaruh Place, Produk terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM Syariah iB pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngaliyan Semarang.
Berdasarkan uji F variabel bebas (Place, Produk) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah). Dengan pengujian koefisien korelasi (R2) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara Place, Produk terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM Syariah iB pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngaliyan Semarang merupakan hubungan yang erat. Berdasarkan uji parsial, Place dan Produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah tabungan BSM Syariah iB pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ngaliyan Semarang.
No other version available