TA DIGITAL
Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus pada PD BPR BKK Kudus
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PD.BPR BKK KUDUS dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner menggunakan teknik simple random sampling dan teknik sampling incidental . Data diperoleh dari karyawan dan nasabah PD.BPR BKK KUDUS. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan PD.BPR BKK KUDUS per desember periode tahun 2009-2012. Populasinya adalah seluruh nasabah dan karyawan PD.BPR BKK KUDUS, sedangkan sampel yang diambil masing-masing adalah 79 responden untuk nasabah dan 79 responden untuk karyawan. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson. Untuk menentukan skor tingkat kepuasan nasabah dan karyawan menggunakan niali rata-rata.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perspektif keuangan pada rasio ROA dan LDR dikategorikan baik karena melebihi dari ketentuan PBI dan mendekati target yang diharapkan bank. Perspektif konsumen dapat meningkatkan market share, kepuasan nasabah menghasilkan angka yang cukup baik serta didukung peningkatan profitabilitas konsumen selama empat tahun. Perspektif bisnis internal menggunakan rasio NGR dan AETR. Pada rasio NGR menunjukkan tidak ada inovasi dan pada rasio AETR mengalami peningkatan setiap tahunnya namun belum mencapai target. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan, persentase pelatihan karyawan yang terampil setiap tahunnya. Hal ini mempengaruhi peningkatan tingkat kepuasan karyawan selama empat tahun yang menghasilkan kategori baik/puas.
No other version available