TA DIGITAL
Corrective Maintenance untuk Hoist Brake System pada Kalmar Rubber Tyred Gantry (RTG) ONE2 di Site Terminal Petikemas Pelindo Semarang
Latar belakang penelitian ini karena permasalahan yang sering terjadi pada hoist brake system adalah brake tidak dapat membuka, brake tidak dapat menutup, dan jarak pengereman yang terlalu panjang. Pentingnya fungsi hoist brake system untuk menunjang kinerja unit Kalmar Rubber Tyred Gantry (RTG) E-One2, perlu adanya perhatian khusus Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tata cara corrective maintenance pada komponen hoist brake system, melakukan troubleshooting guna pelaksanaan kegiatan corrective maintenance untuk hoist brake system pada unit Kalmar Rubber Tyred Gantry (RTG) E-One2, dan melakukan analisa gaya pengereman pada beban yang berbeda. Metode pembuatan tugas akhir untuk memperoleh data melalui observasi, praktek di lapangan, studi literatur, diskusi, analisis dan pembahasan. Analisis yang dilakukan adalah menghitung gaya pengereman bekerja pada hoist brake system pada beban yang berbeda. Hasil analisis perhitungan gaya pengereman adalah beban ringan = 17.392,17 N, beban sedang = 34.786.57 N, dan beban besar = 69.573,10 N. Dengan beban besar yang bekerja pada hoist brake system perlu adanya perawatan, salah satunya adalah perawatan korektif (corrective maintenance) berupa adjustment (penyetelan) dan repair (perbaikan). Adanya perawatan korektif (corrective maintenance) yang baik dan tepat serta sesuai prosedur standar operasional, maka akan meningkatkan kinerja yang optimal dari hoist brake system dan unit secara keseluruhan.
No other version available