TA DIGITAL
Analisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhdap kepuasan dan loyalitas nasabah tabungan pada Bank Syariah Mandiri cabang Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi kualitas pelayanan, terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas serta mengembangkan kebijakan yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Tabungan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang, sedangkan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden nasabah Tabungan simpatik dan tabungan TSM pada Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode judgmental sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square). Dari hasil SmartPLS dapat diketahui bahwa dimensi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah tabungan pada Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Hal ini dapat menjadi masukan bagi Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan variabel kualitas pelayanan, yaitu compliance, tangible, emphaty, dan responsiveness yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah.
No other version available