TA DIGITAL
Analisis Kualitas Pelayanan Prima Customer Service ( Studi Kasus pada PT BNI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Undip Tembalang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas layanan prima Customer Service PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tembalang Semarang berdasarkan enam unsur pokok pelayanan prima yaitu Kemampuan (Ability), Sikap (Attitude), Penampilan (Appearance), Perhatian (Attention), Tindakan (Action), dan Tanggung jawab (Accounttability).
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan kuesioner sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tembalang Semarang dan diambil 30 responden. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dengan bantuan SPSS 16.0, serta pemetaan kualitas layanan dengan diagram kartesius.
Hasil pengujian validitas dan reliabilitas terhadap kuesioner adalah valid dan reliable. Berdasarkan pemetaan dengan menggunakan diagram kartesius menunjukkan hasil bahwa yang dianggap penting oleh nasabah adalah variabel penampilan dan tindakan. Sehingga customer service PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Tembalang Semarang harus lebih meningkatkan kinerjanya yaitu pada unsur pelayanan prima Penampilan (Appearance) dan Tindakan (Action).
No other version available