TA DIGITAL
The influence of relationship marketing towards saving-customer satisfacting of PT Bank Syariah Mandiri in Semarang branch office
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing (trust, bonding, communication, shared value, emphaty, reciprocity, commitment, and conflict handling) terhadap kepuasan nasabah tabungan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang dan mengembangkan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan kepuasan nasabah tabungan pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 90 nasabah tabungan aktif PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang. Data diproses dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk mengukur pengaruh trust, bonding, communication, shared value, emphaty, reciprocity, commitment, and conflict handling terhadap kepuasan nasabah tabungan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang.
Berdasarkan uji t, variabel bebas (trust, bonding, communication, shared value, emphaty, reciprocity, commitment, and conflict handling) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah). Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2), nilai dari koefisien korelasi (R) sebesar 0,772. Hal tersebut berarti bahwa variabel bebas memiliki hubungan yang kuat dengan variabel terikat. Nilai dari adjusted R square (R2) sebesar 55,6 %. Hal tersebut berarti bahwa kemampuan variabel bebas dalam menerangkan variasi perubahan variabel terikat sebesar 55,6 %, sedangkan sisanya 44,4 % diterangkan oleh faktor lain di luar model regresi.
No other version available