TA DIGITAL
Perhitungan Kembali (Recalculation) Mekanisme Sistem Angkat pada Alat Angkat Jenis Rubber Tyred Gantry (RTG) Tipe Kalmar E-One dengan Beban 41 Ton
Rubber Tyred Gantry (RTG) tipe Kalmar E-One2 merupakan jenis pesawat angkat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan peti kemas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Pesawat Angkat tersebut mempunyai daya angkat maksimum 41 Ton. Namun pada pengoperasiannya digunakan dengan kapasitas maksimum 35 Ton. Perbedaan tersebut mendorong timbulnya kesangsian atas kemampuan daya angkatnya. Oleh sebab itu penulis menghitung ulang (recalculation) terhadap bagian-bagian utama dari sistem angkatnya dan melakukan alternative pemeliharaan (maintenance) terhadap sistem angkat agar ketika dalam pengoperasian dapat mengurangi kerusakan-kerusakan yang terjadi dan untuk memperpanjang umur (life-time) lebih lama atau awet. Setelah dilakukan uji perhitungan untuk mendukung beban kapasitas tersebut dengan keadaan tali baja berdiameter 26,3 mm hanya mampu menahan beban 39 Ton. Penggerak motor listrik yang digunakan berdaya 190 kw dan diameter drum maupun puli minimum 966,9 mm dengan tinggi angkat mencapai 18 meter. Jadi alat ini tidak mampu menahan beban 41 Ton, tetapi sesuai kebutuhan kapasitas angkat 35 Ton alat ini masih mampu digunakan untuk beroperasi.
No other version available