TA DIGITAL
Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepusasan nasabah tabungan (Studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor cabang Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Emphaty, Responsiveness) terhadap kepuasan nasabah tabungan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang serta mengembangkan kebijakan-kebijakan untuk meningkatkan kepuasan nasabah tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah judgemental sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 70 nasabah tabungan aktif PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Semarang. Data diproses dengan menggunakan SPSS 16.0 for windows. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang digunakan untuk mengukur pengaruh Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Emphaty, Responsiveness terhadap kepuasan nasabah tabungan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang.
Berdasarkan uji F, variabel bebas (Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Emphaty, Responsiveness) secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah). Berdasarkan uji t, variabel bebas (Compliance, Assurance, Reliability, Tangible, Emphaty, Responsiveness) secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah). Melalui pengujian koefisien determinasi (R2) diperoleh bahwa nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,820 hal ini berarti hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen sangat kuat. Dari nilai Adjusted R Square (R²) sebesar 64,1%. Hasil ini berarti bahwa kemampuan variabel independen dalam menerangkan variasi perubahan variabel dependen sebesar 64,1% sedangkan sisanya sebesar 35,9% diterangkan oleh faktor-faktor lain di luar model.
No other version available