TA DIGITAL
Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Tabungan Britama Pada PT BRI (Persero) Tbk Cabang Pembantu Karangayu Semarang
Berdasarkan hasil Marketing Research Indonesia (MRI) yang dirangkum dalam rating 120 bank berpredikat sangat bagus, BRI menempati posisi sepuluh dan berhasil masuk 10 besar pada tahun 2011. Sedangkan pada tahun 2012, BRI tidak berhasil masuk posisi 10 besar. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kepuasan nasabah tabungan BritAma BRI Cabang Pembantu Karangayu dengan pendekatan dimensi-dimensi yang membentuk kepuasan nasabah.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan penyebaran kuesioner kepada 30 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis angket terbuka, uji kualitas pelayanan, uji gap, dan pemetaan pada diagram kartesius.
Dilihat dari hasil uji validitas seluruh indikator dari indikator Tangible (bukti fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Emphaty (empati, perhatian) dinyatakan valid. Berdasarkan analisis indeks kualitas pelayanan secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan menunjukkan nilai sebesar 4,01 yang berarti kepuasannya sudah puas. Dari hasil uji gap kualitas pelayanan dapat disimpulkan bahwa hanya ada enam sub indikator yang baik pelayanannya pada BRI Cabang Pembantu Karangayu Semarang karena kinerjanya lebih baik atau lebih tinggi dari apa yang diharapkan. Sedangkan bila dilihat dari hasil pemetaan diagram kartesius dapat disimpulkan bahwa terdapat dua sub indikator yang masuk dalam kategori kuadran I. Ada enam indikator yang masuk dalam kategori kuadran II. Ada tiga sub indikator yang masuk dalam kategori kuadran III, dan ada empat sub indikator yang masuk dalam kategori kuadran IV.
No other version available