TA DIGITAL
Analisis sikap dan perilaku masyarakat pada Bank Syariah (Studi kasus pada masyarakat di Kecamatan Mranggen Demak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan perilaku masyarakat Mranggen pada bank syariah. Pada penelitian ini perilaku masyarakat dibentuk oleh sikap dan norma subyektif. Dimensi pembentuk sikap adalah keyakinan dan evaluasi, sedangkan dimensi pembentuk norma subyektif yaitu keyakinan normatif dan motivasi. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat di Kecamatan Mranggen, sedangkan jumlah sampel yang diambil adalah 100 masyarakat di Kecamatan Mranggen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode judgemental sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Dari hasil uji validitas dan uji reliabilitas dinyatakan bahwa semua indikator valid dan reliabel. Hasil perhitungan sikap menunjukkan bahwa sikap masyarakat Mranggen positif terhadap bank syariah. Hasil perhitungan norma subyektif pada masyarakat adalah netral. Hasil perhitungan dari perilaku menunjukkan bahwa kemungkinan besar masyarakat berminat menggunakan bank syariah. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi bank syariah untuk mendirikan kantor cabang di daerah Mranggen.
No other version available