TA DIGITAL
Analisa Pengaruh Jumlah Lubang dan Pembebanan Pengereman terhadap Performa dan Laju Keausan Kampas Rem
Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekkan dua buah benda yang berbeda berputar sehingga putarannya melambat. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan harus tahan terhadap gesekan, tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi. Pada akhirnya dalam tugas akhir ini membahas topik tentang “ANALISA PENGARUH JUMLAH LUBANG DAN PEMBEBANAN PENGEREMAN TERHADAP PERFORMA DAN LAJU KEAUSAN KAMPAS REM“
Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah menganalisa pengaruh lubang dan besarnya pembebanan pengereman terhadap laju keausan dan performa dari kampas rem.
Pengujian ini dimulai dengan melakukan pengambilan data pada kampas rem standar tanpa adanya modifikasi pemberian lubang pada kampas rem kemudian pemberian beberapa lubang pada kampas rem dengan variabel 2 lubang ; 4 lubang ; dan 6 lubang per bagian kampas rem. Pengujian ini juga menggunakan 3 variabel pembebanan pengereman yaitu 2 Kg ; 3 Kg ; dan 5 Kg.
Hasil pengujian menunjukan bahwa tingkat performa terbaik terdapat pada pembebanan pengereman sebesar 5 Kg dan pada variabel jumlah lubang kampas rem ke IV. Hasil tingkat laju keausan tertinggi pada pembebanan pengereman sebesar 5 Kg dan pada variabel ke II
No other version available