TA DIGITAL
Pengukuran Kesuksesan Sistem Informasi: Penerapan Importtance-Performance Analysis Pada Layanan Publik Samsat Online
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kesuksesan SAMSAT Online dengan Importance- Performance Analysis (IPA).Variabel pengukur atribut layanan berdasarkantiga dimensiD&M IS Success Modelyaitu kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan. Data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada wajib pajak SAMSAT Online di SAMSAT Kota Semarang II. Kuesioner yang disebarkan berjumlah 110. Untuk mengolah data, digunakan IPA. Hasil penelitian ini adalah semua atribut layanan berada di kuadran kedua. Tingkat kesenjangan tertinggi terdapat pada kemampuan staf SAMSAT Online untuk cepat tanggap dalam menghadapi keluhan/ masalah dari wajib pajak (-0,74), penyampaian informasi yang tepat waktu apabila terjadi perubahan mekanisme (alur) layanan dan ketentuan pengenaan tarif pajak (-0,64), ketepatan pengenaan tarif pajak kendaraan bermotor (-0,63) dan jaminan keamanan data identitas wajib pajak dan kendaraan bermotornya (-0,61).
No other version available