TA DIGITAL
Studi komparasi keunggulan bersaing tabungan BSM dengan tabungan Muamalat
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan menentukan kebijakan-kebijakan yang dapat membentuk keunggulan bersaing Tabungan BSM di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang dan Tabungan Muamalat di PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah Tabungan BSM dari PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang dan Tabungan Muamalat PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang, sedangkan jumlah sampel yang diambil adalah 60 untuk kedua bank tersebut. Metode sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan indikator diferensiasi produk tabungan (X1), diferensiasi kualitas layanan produk tabungan (X2), diferensiasi citra produk tabungan (X3), dan keunggulan positioning produk tabungan (X4). Hasil analisis uji keunggulan bersaing menunjukkan bahwa indikator diferensiasi kualitas layanan produk tabungan (X2) dengan sub indikator respon yang baik dari customer service dan teller dalam melayani nasabah pada Tabungan Muamalat di PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang lebih memiliki keunggulan bersaing dibanding Tabungan BSM di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
No other version available