TA DIGITAL
Analisis Persepsi Nasabah Atas Kualitas Pelayanan Frontliner PT BRI (Persero),Tbk Unit Majapahit Semarang
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengidentifikasi indikator-
indikator kualitas pelayanan pembentuk persepsi positif nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Majapahit Semarang, menganalisis indikator- indikator kualitas pelayanan pembentuk persepsi positif nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Majapahit Semarang, dan menentukan kebijakan peningkatan persepsi positif nasabah atas kualitas pelayanan frontliner PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Majapahit Semarang. Penelitian ini menggunakan enam indikator kualitas pelayanan untuk mengukur persepsi nasabah, yaitu Professionalism and skill (profesionalisme dan ketrampilan), Attitudes and behavior (Sikap dan perilaku), Accesibility and flexibility (aksesibilitas dan fleksibilitas), Reliability and trustworthiness (kehandalan dan kepercayaan), Recovery (pembaruan), dan Reputation and credibility (reputasi dan kredibilitas).
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampling yaitu teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 30 responden dari nasabah tabungan Bank BRI Unit Majapahit Semarang.
Dari hasil uji persepsi (uji Cochran) dinyatakan bahwa dari keenam indikator kualitas pelayanan pembentuk pesepsi positif nasabah terdapat lima belas sub indikator yang telah uji dan terdapat indikator dengan sub indikator yang masih utuh yaitu Professionalism and skill (profesionalisme dan ketrampilan), Attitudes and behavior (Sikap dan perilaku), Reliability and Trustworthiness (kehandalan dan kepercayaan), Recovery (pembaruan), dan Reputation and credibility (reputasi dan kredibilitas). Sedangkan pada indikator Accesibility and flexibility (aksesibilitas dan fleksibilitas), terdapat sub indikator yang dihilangkan yaitu sistem komputer online Bank BRI mudah.
Hal ini dapat menjadi masukan bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Majapahit Semarang untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan indikator kualitas pelayanan pembentuk persepsi positif nasabah.
No other version available