TA DIGITAL
Analisis Tanggung Jawab Sosial PT Bank Negara Indonesia (Persero), Berdasarkan Global Reporting Initiative (GRI) Guideline Periode 2008-2012
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan menilai kualitas, tingkat
pengungkapan dan perkembangan tanggung jawab sosial PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pada periode 2008-2012 dengan menganalisis pengungkapan indikator- indikator tanggung jawab sosial pada Laporan Tahunan & Keberlanjutan yang berdasar pada Global Reporting Initiative (GRI) GuidelineGRI G.3.1pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero). Penelitian ini menggunakan tiga aspek untuk mengukur kualitas pengungkapan dan tingkat pengungkapan, yaitu aspek profil & strategi, aspek pendekatan manajemen, dan indikator performa. Sedangkan pengukuran perkembangan tanggung jawab sosial diukur lewat pengungkapan dari aspek indikator performa.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode pengumpulan data dengan mengumpulkan Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan. Laporan Tahunan & Keberlanjutan yang dikumpulkan terdiri dari tahun 2008 hingga tahun 2012.
Berdasarkan analisis pada GRI G.3.1, Trend dengan Least Square Method dinyatakan bahwa kualitas pengungkapan tanggung jawab sosial PT Bank Negara Indonesia (Persero) tbk pada tahun 2008 dinyatakan tidak baik sedangkan dari tahun 2009 hingga tahun 2012 dinyatakan cukup. Laporan Keberlanjutan BNI tahun 2012 mendapat predikat B sedangkan Laporan Tahunan BNI tahun 2008, Laporan Keberlanjutan tahun 2009, 2010 dan 2011 tidak memenuhi persyaratan minimum penilaian berdasarkan pada GRI G.3.1. Perkembangan pengungkapan tanggung jawab sosial PT Bank Negara Indonesia aspek lingkungan, sosial, hak asasi manusia cenderung fluktuatif sedangkan aspek ekonomi, ketenagakerjaan, dan tanggung jawab
produk mengalami kenaikan.
No other version available