TA DIGITAL
Evaluasi penerapan superstar (sistem aplikasi terpadu asuransi Jasindo) pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Kantor cabang Semarang
Implementasi teknologi informasi dibutuhkan untuk mendukung tercapainya tujuan bisnis perusahaan. PT. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) Kantor Cabang Semarang memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dalam melaksanakan aktivitas utamanya yaitu menjalankan proses bisnis perusahaan antar divisi dan pihak rekanan berbasis web. Pemanfaatan teknologi ditandai dengan diimplementasikannya Sistem Aplikasi Terpadu Asuransi Jasindo. Penerapan sistem tersebut memiliki kendala pada tingkat keamanan sistem dan pengelolaan data terjadi selisih hutang piutang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi, menganalisa hasil perhitungan maturity level dan memberikan rekomendasi atas kendala pada sistem yang diterapkan pada Jasindo Semarang yang dilihat dari domain Acquire and Implement (AI) dan Delivery and Support (DS) berdasar kerangka COBIT 4.1 yang memuat 10 proses sesuai dengan keadaan Jasindo Semarang. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat kematangan pada kedua domain berada pada skala 3 (Defined) dengan rata-rata nilai 3,15 dan 3,11. Hal ini menunjukkan bahwa tata kelola teknologi informasi telah didokumentasikan dan disosialisasikan dengan baik namun masih ada beberapa proses yang belum dipatuhi oleh karyawan atau tidak konsisten. Perbaikan untuk tingkat keamanan dengan penggantian password secara berkala 6 bulan sekali, sosialisasi atas kepatuhan wewenang masing-masing karyawan dan tersedianya ruang khusus untuk server. Perbaikan untuk pengelolaan data dengan melakukan penyesuaian kurs dengan mengakui laba/rugi kurs dan sosialisasi kepada karyawan untuk manajemen data yang baik
No other version available