TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Kepatuhan, bukti Fisik, Kehandalan, Penanganan Keluhan, dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah dan Word of Mouth (Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepatuhan, bukti fisik, kehandalan, penanganan keluhan, dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan word of mouth pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang.
Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasinya adalah seluruh nasabah PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang, sedangkan jumlah sampel yang diambil adalah 125 orang nasabah PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Model analisis dalam penelitian ini menggunakan model persamaan struktural. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan confirmatory factor analysis dan regression weight dengan mempergunakan program komputer Amos 21.0.
Hasil pengujian hipotesis dan pembahasan, menunjukkan bahwa variabel kepatuhan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, bukti fisik negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, kehandalan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, penanganan keluhan berpengaruh negatif dan tidak signifikan, nilai nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
No other version available