TA DIGITAL
Implementasi Sistem Penyampaian Informasi Perbankan Kepada Nasabah Berbasis SMS Pada Bank Perkreditan Rakyat Gunung Merbabu, Semarang
Informasi adalah data yang diolah untuk digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan. Informasi yang baik selain harus berkualitas juga harus disampaikan dengan tepat waktu, dan tepat sasaran. Demikian juga yang harus dilakukan oleh Bank Perkreditan Rakyat Gunung Merbabu (BPR GM) Semarang dalam memberikan informasi kepada para nasabahnya sehingga mereka (para nasabah) dapat memberikan feedback (umpan balik) yang berupa pemenuhan kewajiban-kewajiban finansialnya kepada bank. Informasi yang dihasilkan oleh suatu sistem akan efektif jika disampaikan tepat waktu dan tepat sasaran. Saat ini penyampaian informasi melalui SMS sudah sangat popular dan memasyarakat sehingga akan sangat efektif dan efisien untuk digunakan. Pada tugas akhir yang berjudul implementasi sistem penyampaian informasi perbankan kepada nasabah berbasis sms pada BPR Gunung Merbabu Semarang penulis membuat perangkat lunak pengaksesan SMS melalui web dan fungsi sms gateway untuk keperluan berbagai layanan SMS seperti pengiriman SMS single, SMS Grup, SMS broadcast, dengan bahasa pemrograman PHP. Dengan diimplementasikannya sistem penyampaian informasi perbankan pada BPR Gunung Merbabu Semarang ini maka akan sangat membantu perusahaan dalam memberikan informasi angsuran, dan informasi/penagihan tunggakan secara lebih dini, efisien dan efektif. Demikian juga dengan fasilitas/menu yang lain misalnya sms grup (misalnya ucapan selamat ulang tahun, idul fitri, dan lain-lain) perusahaan dapat membina hubungan kepada nasabahnya dengan lebih baik. Sehingga pada gilirannya baik jangka pendek maupun jangka panjang, langsung maupun tidak langsung akan dapat mengurangi terjadinya tunggakan, meningkatkan produktifitas perusahaan dan meningkatkan loyalitas nasabahnya.
No other version available