TA DIGITAL
Analisis biaya volume laba sebagai alat perencanaan laba pada UKM Slamet Semarang tahun 2014
Analisis biaya-volume-laba merupakan suatu teknik perencanaan laba jangka pendek yang mendasarkan pada perhitungan dampak perubahan biaya, volume penjualan dan harga jual terhadap laba. Parameter yang digunakan dalam analisis ini antara lain break even point, contribution margin dan margin of safety. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menghitung break even point, margin of safety untuk multi produk tahun 2013 dan 2014, menghitung perencanaan laba tahun 2014 pada UKM Slamet Semarang serta menghitung besarnya produk yang dijual untuk mencapai laba yang ditargetkan. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Sedangkan untuk metode penulisannya adalah metode deskriptif, dan metode eksposisi. Data yang diperoleh kemudian diolah, dianalisis dan diinterprestasikan. Analisis ini menunjukkan bahwa perubahan volume penjualan dan biaya akan berpengaruh terhadap perubahan laba. Kenaikan laba dari tahun 2013 sebesar 15%, maka besarnya laba yang harus dicapai pada tahun 2014 sebesar Rp 4.346.550.859. Langkah untuk mencapai target laba tersebut, UKM Slamet Semarang harus meningkatkan penjualan sebesar Rp 8.507.198.908 dengan total volume penjualan sebesar 167.731 unit. Total penjualan pada break even point pada tahun 2014 sebesar Rp 109.297.216 dengan volume penjualan 2.155 unit. Margin of safety pada tahun 2014 sebesar 98,71% hal ini berarti apabila penjualan yang dianggarkan tidak tercapai resiko mengalami kerugian sangat kecil.
No other version available