TA DIGITAL
Analisis Biaya-Volume-Laba Sebagai Alat Perencanaan Penjualan Untuk Pencapaian Target Laba Pada PT Phapros, tbk Semarang Th 2010
Analisis Biaya-Volume-Laba merupakan teknik untuk menghitung dampak perubahan harga jual, volume penjualan dan biaya terhadap laba. Manfaat analisis ini untuk merencanakan penjualan biaya, maupun laba. Parameter yang digunakan dalam analisis ini antara lain Contribution Margin, Break Even Point, dan Margin of Safety. Tujuan penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk menghitung besarnya produk yang harus dijual agar dapat mencapai target laba, serta menganalisis faktor-faktor penyebab perubahan laba. Data yang digunakan dalam penelitian ini ditinjau dari jenisnya adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan ditinjau berdasarkan sumbernya berupa data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan metode analisis data dengan metode Break Even Point dan Margin of Safety. Dari hasil perhitungan, pada tahun 2010 Tim OTC PT. Phapros, Tbk Semarang mencapai titik impas pada penjualan sebanyak Rp 21.002.264.870,00. Perencanaan laba pada PT. Phapros, Tbk Semarang dihitung berdasarkan BEP tahun 2009. Laba tahun 2010 yang diharapkan adalah 20%. Prediksi penjualan dengan memperhitungkan laba yang direncanakan oleh perusahaan adalah sebesar Rp 33.837.193.035,00.
No other version available