TA DIGITAL
Analisis kepuasan nasabah atas produk tabungan Britama pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Sukun Semarang
Berdasarkan hasil yang dilakukan oleh Frontier Consulting Group dengan
mengukur tingkat kualitas produk perbankan Indonesia. Maka posisi produk tabungan Bank BRI yakni
Tabungan BritAma secara nasional dibandingkan dengan tabungan sejenis dari bank pesaing pada
periode tahun 2013 dalam Top Brand Award berada pada peringkat kedua. Oleh karena itu dilakukan
penelitian untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kepuasan nasabah tabungan BritAma Bank BRI Unit
Sukun Semarang dengan pendekatan dimensi – dimensi yang membentuk kepuasan nasabah.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan penyebaran kuesioner kepada 72 responden.
Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas , uji reliabilitas , analisis angket
terbuka , uji indeks kepuasan dan pemetaan kepuasan dengan diagram kartesius.
Dilihat dari hasil uji validitas dan reliabilitas seluruh indikator yaitu Performance (Kinerja) ,
Features (Keistimewaan Tambahan) , Reliability (Kehandalan) , Durability (Daya Tahan) , Conformance
(Kesesuaian) , dan Serviceability (Pelayanan) dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji
indeks kepuasan, weighting score kualitas produk tabungan BritAma mendapatkan skor 3,48 . Skor
tersebut berada diantara 3,43 – 4,23 yang berarti Puas. Sedangkan bila dilihat dari hasil pemetaan
diagram kartesius, terdapat lima sub indikator yang masuk dalam kategori kuadran I , kategori
kuadran II terdapat enam sub indikator , kategori kuadran III terdapat empat sub indikator , Dan
yang terakhir kategori kuadran IV
terdapat lima sub indikator.
No other version available