TA DIGITAL
Analisis pengaruh experimental marketing terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah tabungan pada PT Bank BRI Syariah Regional Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing(sense, think, feel, act and relate marketing) terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah tabungan PT Bank BRISyariah Regional Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT Bank BRISyariah Regional Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 130 nasabah tabungan aktif PT Bank BRISyariah Regional Semarang. Data diproses dengan menggunakan AMOS 16.0. Model analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang digunakan untuk mengukur pengaruh sense, think, feel, act, relate marketing terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah tabungan PT Bank BRISyariah Regional Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Experiential Marketing yang terdiri dari think marketing (C.R sebesar 2,600 dan Prob. sebesar 0,009) and relate marketing (C.R sebesar 2,251 dan Prob. Sebesar 0,025) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, begitu pula dengan kepuasan nasabah (C.R sebesar 5,058 dan Prob. sebesar 0,000) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan pada PT Bank BRISyariah Regional Semarang. Variabel relate marketing merupakan variabel yang paling berpangaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah tabungan pada PT Bank BRISyariah Regional Semarang.
No other version available