TA DIGITAL
Analisis tingkat kepuasan nasabah atas kualitas layanan tabungan simpanan pedesaan (SIMPEDES) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Unit Unit Widoharjo Kanca Pattimura Semarang
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana meningkatkan kepuasan
nasabah atas kualitas layanan tabungan Simpedes pada BRI Unit Widoharjo Kanca Pattimura Semarang
dengan lima dimensi kualitas jasa yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya
tanggap (responsiveness), empati (emphaty), dan jaminan (assurance).
Data yang didapat untuk penelitian ini dari observasi dan kuesioner. Teknik sampling yang digunakan
adalah Purposive Sampling, dengan jumlah responden yang diambil adalah 100 responden. Metode
analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji kepuasan.
Dilihat dari uji validitas, seluruh sub indikator dari indikator bukti fisik (tangible), kehandalan
(reliability), daya tanggap (responsiveness), empati (emphaty), dan jaminan (assurance) dinyatakan
valid. Untuk uji reliabilitas terdapat 9 sub indikator dari total 15 sub indikator dinyatakan
reliabel. Dari hasil uji kepuasan yang terdiri dari analisis indeks kepuasan disimpulkan bahwa
weighting scores tabungan Simpedes berada dalam skala sangat puas yaitu 4,256. Selain itu, juga
digunakan analisis gap kepuasan yang dapat disimpulkan bahwa hampir keseluruhan sub indikator
dinyatakan puas kecuali pada indikator assurance sub indikator petugas memiliki pengetahuan yang
cukup mengenai produk bank dan
ketentuannya.
No other version available