TA DIGITAL
Pengukuran kinerja Politeknik Negeri Semarang dengan perspektif balanced scorcard
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui posisi strategi Politeknik Negeri Semarang dalam matriks penilaian dan mengukur kinerja Politeknik Negeri Semarang berdasar perspektif pelanggan, keuangan, proses internal serta pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian ini dilakukan dengan survei kuesioner sebagai alat pengumpulan data primer, dan literatur untuk pengumpulan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang terdiri dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta pelanggan yang terdiri dari alumni, mahasiswa dan pengguna lulusan Politeknik Negeri Semarang. Teknik Mengukur kinerja Politeknik Negeri Semarang berdasarkan pengukuran perspektif balanced scorecard dan melakukan analisis Bussiness Strategic Making Process dengan teknik Strategic Advantage Profile (SAP) dan analisis Environmental Treat and Opportunity Profile (ETOP) untuk mengetahui posisi Politeknik Negeri Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kinerja Politeknik Negeri Semarang dari perspektif keuangan, pelanggan dan proses internal kondisi kinerjanya berada dalam kondisi sedang, sedangkan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan kondisi kinerjanya masih dalam katagori kurang baik, sehingga pada perspektif ini harus diperhatikan Politeknik Negeri Semarang. Pengukuran kinerja secara keseluruhan berada dalam kondisi sedang yaitu sebesar 4,30. Dan secara keseluruhan posisi strategi Politeknik Negeri Semarang berada pada posisi Ideal dalam matriks ETOP, dan pada posisi Invest dalam matriks SWOT yang artinya Politeknik Negeri Semarang mempunyai keunggulan strategik pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, sehingga ini menunjukkan peluang untuk memperbaiki kinerja Politeknik Negeri Semarang.
No other version available