TA DIGITAL
Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan word of mouth (Studi analisis pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Semarang)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan word of mouth nasabah tabungan pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 115 nasabah tabungan aktif PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Data diproses dengan menggunakan AMOS 21.0. Model analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan teknik Confirmatory Factor Analysis yang digunakan untuk mengukur pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan word of mouth nasabah tabungan pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (C.R sebesar 0,436 dan Prob. sebesar 0,663) dan kepercayaan (C.R sebesar 1,694 dan Prob. sebesar 0,090) memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, begitu pula dengan kualitas produk (C.R sebesar 2,117 dan Prob. sebesar 0,034) dan kepuasan nasabah (C.R sebesar 8,841 dan Prob. sebesar 0,000) yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dan word of mouth nasabah tabungan pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
No other version available