TA DIGITAL
Persepsi nasabah tabungan Britama atas kualitas layanan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit Kedungtuban Cepu
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis persepsi nasabah tabungan BritAma
atas kualitas layanan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Unit Kedungtuban Cepu. Penelitian ini menggunakan lima indikator kualitas layanan yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy dan memiliki delapan belas sub indikator.
Penelitian ini bersifat diskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampling yaitu teknik pusposive sampling dengan sampel sebanyak 87 responden dari nasabah tabungan BritAma Bank BRI Unit Kedungtuban Cepu. Sedangkan teknik analisis yang digunakan untuk menguji persepsi tersebut yaitu menggunakan uji Cochran. Selain itu juga dilakukan uji Opened Questionare.
Dari hasil uji Cochran dinyatakan bahwa dari kelima indikator kualitas layanan pembentuk persepsi positif nasabah terdapat delapan belas sub indikator yang telah diuji dan terdapat indikator dengan sub indikator yang masih utuh yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, dan Empathy. Sedangkan pada indikator Assurance terdapat sub indikator yang dihilangkan yaitu sikap pegawai Bank BRI yang ramah kepada nasabah belum dapat membentuk persepsi positif nasabah, sehingga dapat menjadi masukan bagi Bank BRI Unit Kedungtuban Cepu untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan indikator kualitas layanan pembentuk
persepsi positif nasabah.
No other version available