TA DIGITAL
Analisis faktor-faktoryang mempengaruhi minat nasabah menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk, Kantor Cabang Salatiga
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel budaya,
sosial, pribadi, psikologis, place, dan promotion terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Salatiga.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Regresi Linier Berganda, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji F, koefisien determinasi (R2), dan uji t. Di samping itu juga dilakukan uji kualitas data berupa uji validitas dan uji reliabilitas, serta pengujian asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi.
Pengujian data menunjukkan bahwa data valid dan reliabel serta terbebas dari penyimpangan asumsi klasik. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, psikologis, place, dan promotion secara bersama- sama berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Salatiga. Variabel budaya, pribadi, dan promotion secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menabung, sedangkan variabel sosial, psikologis, dan place tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Salatiga. Besarnya koefisien determinasi
(Adjused R2) sebesar 61,5% dan sisanya 38,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
No other version available