TA DIGITAL
Analisis Hubungan Biaya -Volume-Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba Th 2009 Pada PT Kebon Agung Pabrik Gula Trangkil
Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui keterkaitan antara biaya-volume-laba pada PT Kebon Agung Pabrik Gula Trangkil dan untuk menganalisis biaya-volume-laba yang nantinya akan dijadikan sebagai dasar dalam menentukan besarnya laba yang direncanakan pada tahun 2009. Metode penulisan yang digunakan adalah metode deskripsi dan metode eksposisi. Metode deskripsi digunakan dalam membahas gambaran umum PT Kebon Agung Pabrik Gula Trangkil, sedangkan metode eksposisi digunakan dalam mengidentifikasikan biaya-biaya serta melakukan perhitungan-perhitungan dalam analisis biaya-volume-laba dan menjelaskan analisis hubungan biaya-volume-laba sebagai dasar perencanaan laba. Dari hasil perhitungan, PT Kebon Agung Pabrik Gula Trangkil pada tahun 2006 mencapai titik impas pada penjualan sebanyak 23.706.510,49 kg atau pada saat penjualan sebesar Rp 74.223.955.453,15. Pada tahun 2007 mencapai titik impas pada penjualan sebanyak 26.700.509,93 kg atau pada saat penjualan sebesar Rp 79.458.774.003,47. Dan pada tahun 2008 mencapai titik impas pada penjualan sebanyak 41.526.433,36 kg atau pada saat penjualan sebesar Rp 94.348.642.969,21. Perencanaan penjualan tahun 2009, dengan target penjualan sebesar 10% maka perusahaan mencapai titik impas pada penjualan sebanyak 50.502.426,22 kg atau pada saat penjualan sebesar Rp 114.742.225.485,39.
No other version available