TA DIGITAL
Analisis tingkat kepuasan nasabah tabungan Simpedes pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk cabang Semarang Pattimura
Penelitian yang berjudul “Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Tabungan
Simpedes pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Semarang Pattimura” bertujuan untuk mengetahui posisi tingkat kepuasan nasabah tabungan Simpedes bank berdasarkan Tangible (bentuk fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (perhatian) pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Semarang Pattimura.
Desain dari penelitian ini adalah penelitian terapan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, kuesioner dan wawancara. Kemudian metode pengolahan datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas dan pengukuran kepuasan. Sampel yang diambil adalah 50 nasabah tabungan Simpedes PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Semarang Pattimura dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah tabungan Simpedes PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Semarang Pattimura adalah sangat baik, karena weighting score dari tingkat kepuasan produk tabungan Simpedes berada dalam skala sangat puas dengan nilai skal 3,336. Hasil ini dapat dijadikan sebagai saran bagi manajemen PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Semarang Pattimura khususnya bagian tabungan Simpedes untuk meningkatkan pelayanan. Keterbatasan penelitian ini adalah penelitian yang hanya dilakukan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Semarang Pattimura dan sampel yang diambil hanya 50 nasabah tabungan. Penelitian mendatang sebaiknya dilakukan pada lebih dari satu obyek penelitian serta memperbanyak sampel sehingga hasil yang diperoleh juga diharapkan akan lebih
baik.
No other version available