TA DIGITAL
Analisis Biaya-Laba-Volume Untuk Merencanakan Laba Th 2010 Pada CV Sriti Semarang
AnalisisBiaya-Laba-Volume merupakan teknik untuk menghitung dampak perubahan harga jual, volume penjualan, dan biaya terhadap laba. Analisis Biaya- Laba-Volume adalah alat yang sangat berguna karena analisis ini membantu untuk memahami hubungan antara biaya, laba, dan volume yang nantinya dapat digunakan sebagai dasar perencanaan laba yang diinginkan untuk periode berikutnya. Parameter yang digunakan dalam analisis ini antara lain Contribution Margin, Break Even Point, Shut Down Point dan Margin of Safety. Tujuan penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk menghitung Contribution margin dan Break Even Point tiap jenis produk, menghitung estimasi laba, menghitung besarnya produk yang harus terjual dalam pencapaian target laba, serta menganalisis sensitivitas faktor-faktor penyebab perubahan laba. Metode yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah metode deskriptif analitis, suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran keadaan perusahaan yang sebenarnya, data yang diperoleh kemudian diolah, dianalisis, dan diinterpretasikan. Dari hasil perhitungan, setiap perubahan harga jual maupun biaya akan berpengaruh terhadap contribution margin ratio yang akan berpengaruh terhadap perubahan laba. Dengan adanya perubahan laba sebesar 20%dari penjualan tahun 2010, maka besarnya laba yang dapat dicapai adalah Rp 128.443.200 dan untuk mencapai target laba tersebut, maka harus meningkatkan penjualan menjadi Rp 759.746.265,-.
No other version available