TA DIGITAL
Pengaruh kualitas sistem informasi terhadap kesuksesan e-commerce (pada website galeripos.com PT. Pos Indonesia)
Penelitian ini bertujuan adalah untuk menguji hubungan pengaruh dari masing- masing variabel pembentuk kesuksesan website galeripos.com. Faktor-faktor tersebut antara lain kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih (yang merupakan variabel pengukur kesuksesan Model Delone dan Mclean). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Pos Indonesia Area Operasi VI Semarang dan vendor UKM (Usaha Kecil Mandiri) dari website galeripos.com. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 125 responden, dengan menggunakan metode purposive sampling. Selanjutnya data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan perangkat lunak AMOS 21.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kualitas informasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap penggunaan, kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih. Kemudian jika dilakukan pengujian secara bersama-sama menghasilkan kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, dan penggunaan dan kepuasna pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih.
No other version available